Tugas 1 : Online Sistem

Posted: 1 April 2011 in Tugas Komunikasi Data

Realtime System

Realtime System atau biasa juga kita kenal dengan sebutan sistem waktu nyata, definisi dari realtime system tersebut adalah sistem yang harus memproduksi responnya melebihi batasan waktu ini akan memberikan performasi yang tergedrasi atau malfuction (cooling, Software for Realtime System,1991).

Suatu realtime system memungkinkan untuk mengirimkan data ke pusat komputer, diproses di pusat komputer seketika pada saat data diterima dan kemudia mengirimkan kembali hasil pengolahan ke pengirim data saat itu juga. American Airlines merupakan perusahaan yang pertama kali mempelopori sistem ini. Dengan realtime system ini, penumpang pesawat terbang dari suatu bandara atau agen tertentu dapat memesan tiket untuk suatu penerbangan tertentu dan mendapatkan hasilnya kurang dari 15 detik, hanya sekedar untuk mengetahui apakah masih ada tempat duduk di pesawat atau tidak.

Contoh dari Realtime System Tersebut adalah: Proses pengambilan uang pada ATM, Proses pada pendaftaran Online, Proses perekam suara, Proses pengiriman data (TV, Telepon). Contoh lainnya, System Komunikasi Data yang di gunakan Perusahaan penerbangan America Airlines, Menggunakan Realtime System penumpang pesawat terbang dari suatu bandara atau agen tertentu dapat memesan tiket untu suatu nomor penerbangan tertentu dan mendapatkan hasilnya kurang darai 15 detik ,apakah masih ada tempat duduk atau tidak, dll.

Batch Processing System

Batch processing adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data-data yang terdapat dalam batch tersebut. Setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses.

Data dikirim dan di kumpulkan terlebih dahulu dan secara bersama-sama dikirimkan ke komputer pusat untuk diolah, karena data yang dikumpulkan terlebih dahulu dalam suatu waktu, cara pengolahan sistem ini disebut batch processing system.

Contoh dari Batch Processing adalah: e-mail dan transaksi batch processing. Dalam suatu sistem batch processing, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi tertentu, dan ditambahkan ke transaction file yang berisi transaksi lain, dan kemudian dientri ke dalam sistem secara periodik. Di waktu kemudian, selama siklus pengolahan berikutnya, transaction file dapat divalidasi lebih lanjut dan kemudian digunakan untuk meng-up date master file yang berkaitan.

Timesharing System

Time Sharing System pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri- sendiri.

Time sharing system adalah suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai. Disebabkan waktu perkembangan proses CPU semakin cepat, sedangkan alat Input/Output tidak dapat mengimbangi kecepatan dari CPU, maka kecepatan dari CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani beberapa alat I/O secara bergantian. Christopher Strachy pada tahun 1959 telah memberikan ide mengenai pembagian waktu yang dilakukan oleh CPU. Baru pada tahun 1961, pertama kali sistem yang benar-benar berbentuk time sharing system dilakukan di MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan diberi nama CTSS (Compatible Time Sharing System) yang bisa melayani sebanyak 8 pemakai dengan menggunakan komputer IBM 7090.

Contoh Timesharing System adalah: teller terminal pada suatu bank bilamana seorang nasabah datang ke bank tersebut untuk menyimpan uang atau mengambil uang, maka buku tabungannya ditempatkan pada terminal. Dan oleh operator pada terminal tersebut dicatat melalui papan ketik (keyboard), kemudian data tersebut dikirim secara langsung ke pusat komputer, memprosesnya, menghitung jumlah uang seperti yang dikehendaki, dan mencetaknya pada buku tabungan tersebut untuk transaksi yang baru saja dilakukan.  Contoh lainnya, perusahaan Amerika membuka biro jasa (service bureaus) untuk pelayanan time sharing system ini. Penyewa dapat menggunakan terminal atau komputer personal di tempat masing-masing dan dengan menggunakan jalur telekomunikasi dapat dapat dihubungkan ke pusat komputer.

Distributed Data Processing System

Distributed data processing (DDP) system merupakan bentuk yang sering digunakan sekarang sebagai perkembangan dari time sharing system. Bila beberapa sistem komputer yang bebas tersebar yang masing-masing dapat memproses data sendiri dan dihubungkan dengan jaringan telekomunikasi, maka istilah time sharing sudah tidak tepat lagi. DDP system dapat didefinisikan sebagai suatu sistem komputer interaktif yang terpencar secara geografis dan dihubungkan dengan jalur telekomunikasi dan seitap komputer mampu memproses data secara mandiri dan mempunyai kemampuan berhubungan dengan komputer lain dalam suatu sistem.

Contoh dari Distributed Data Processing System adalah: komputer yang dirancang untuk tugas-tugas melaksanakan proyek, analisis finansial, penjadwalan waktu dan akuntansi. Contoh lainnya, pengolahan data pada server yahoo yang tersebar hampir di seluruh dunia secara distribusi, setiap wilayah mempunyai server masing-masing. Seperti di indonesia mempunyai server tersendiri sehingga pengolahan data tidak di pusat melainkan di wilayah masing-masing, dll.

Tinggalkan komentar